Rabu, 13 Januari 2010

MATA PELAJARAN SAINS KELAS 3 SD

SUMBER DAYA ALAM DAN PELESTARIANNYA

Bahan- bahan alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut sumber daya alam. Sumber daya alam merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Apa saja kegunaan sumber daya alam?

Bagaimana pula cara-cara melestarikan kekayaan alam? Mari menyelidiki cara-cara manusia memanfaatkan sumber daya alam dan cara-cara melestarikannya.

A. PENGGUNAAN SUMBER DAYA ALAM

Tahukah kamu jenis – jenis sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia ? jenis – jenis sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia ,antara lain tumbuhan ,hewan ,air ,tanah ,batuan ,dan bahan galian .

Tumbuhan sangat bermanfaat bagi manusia .Tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan makanan .Makanan yang kita makan seperti nasi ,tempe ,sayur – sayuran ,dan buah – buahan berasal dari tumbuhan .

Tumbuhan dapat juga digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian dan perabot rumah tangga .Kapas digunakan sebagai bahan untuk membuat kain katun . Meja, kursi,dan lemari dibuat dari batang kayu tumbuhan.

Manusia menanam tumbuhan dengan cara bercocok tanam. Salah satu cara bercocok tanam adalah bertani. Tahukah kamu manfaat hewan bagi manusia. Tenaga hewan kadang dimanfaatkan oleh manusia. Kerbau atau sapi digunakan petani untuk membajak sawah. Kuda digunakan untuk menarik delman. Selain itu, hewan dapat dijadikan bahan makanan. Bahan makanan, seperti daging, telur,susu, dan ikan semuanya berasal dari hewan. Hewan dimanfaatkan manusia dengan cara diternakkan atau menangkapnya langsung dari alam bebas. Beternak merupakan kegiatan memelihara dan mengembangbiakkan hewan.

Selain tumbuhan dan hewan, sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia, antara lain air, tanah, batuan, dan bahan tambang.

Tahukah kamu manfaat air bagi manusia?

Air dapat digunakan untuk mengairi sawah, minum, mandi, mencuci, transportasi, dan pembangkit listrik.

Adapun tanah digunakan untuk menanam tanaman, membangun rumah, dan membuat barang-barang rumah tangga. Batu-bata,genting,kendi,dan pot terbuat dari bahan tanah.

Adapun batuan banyak digunakan untuk membangun rumah dan jalan. Lantai rumah ada yang dibuat dari batu marmer. Barang-barang seni ada juga yang dibuat dari batu, seperti batu pualam.

Contoh sumber daya alam lainnya adalah bahan tambang, seperti minyak bumi, batu bara, besi dan emas. Minyak tanah, solar, dan bensin berasal dari minyak bumidigunakan sebagai bahan bakar. Besi digunakan sebagai bahan bangunan. Emas digunakan untuk perhiasan.

Untuk kelangsungan hidupnya, manusia bergantung pada sumber daya alam. Sumber daya alam tidak dapat di manfaatkan jika lingkungan mengalami keusakan. Rusaknya lingkungan dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan makhluk hidup.

B. CARA MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN ALAM

Perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, antara lain sebagai berikut.

  1. Menanam kembali tanah yang gundul dengan pepohonan.
  2. Membersihkan lingkungan sekitar dari timbunan sampah.
  3. Menghemat pemakaian bahan bakar dari minyak bumi.
  4. Melindungi hewan-hewan di hutan agar tidak punah.

Adapun, perilaku yang merusak lingkungan adalah sebagai berikut :

  1. Menebang pohon-pohon di hutan secara sembarangan.
  2. Menangkap dan membunuh hewan-hewan langka.
  3. Mencemari air dan tanah dengan membuang sampah atau limbah.
  4. Menangkap ikan dengan menggunakan racun atau bahan peledak.
  5. Boros dalam pemakaian bahan bakar minyak.

Perilaku manusia yang tidak ramah lingkungan mengakibatkan lingkungan menjadi rusak. Lingkungan yang rusak dapat menimbulkan berbagai kerugian.

Pohon-pohon di hutan yang ditebangi secara sembarangan dapat menyebabkan erosi,tanah longsor, dan banjir. Terutama ketika musim hujan tiba.

Penangkapan dan perburuan hewan liar yang tidak terkendali dapat menyebabkan hewan tersebut menjadi langka. Lama-kelamaan hewan liar tersebut akan punah atau hilang dari bumi. Oleh karena itu, pemerintah melarang menangkap dan membunuh hewan-hewan langka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar